RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :   ...........................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester            :   V/ 1
Materi Pokok               :   Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Waktu                          :   8 x 45 menit (5 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah
A.    Standar Kompetensi       : 
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
B.     Kompetensi Dasar
1.3 Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan
C.    Tujuan Pembelajaran**: 
o Siswa dapat Menjelaskan tugas dari alat pencernaan dan menyebutkan bagian alat pencernaan
| -      Rongga mulut -      Kerongkongan -      Lambung | -      Usus halus -      Usus besar | 
o Siswa dapat Memahami fungsi rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus halus dan usus besar
o Siswa dapat Menyebutkan gangguan pada alat pencernaan makanan yang berhubung-an dengan makanan dan tata cara makanan
o Siswa dapat Memahami fungsi dari zat gizi, kandungan zat gizi dalam makanan
o Siswa dapat Memahami fungsi dari kar-bohidrat, protein, lemak, air, mineral dan protein serta menyebutkan sumbernya
o       Siswa dapat Memahami menu makanan yang bergizi seimbang (empat sehat 
o Siswa dapat Memahami cara mengolah bahan makanan dengan benar.
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.    Materi Essensial
Organ tubuh manusia dan hewan
o Alat Pencernaan Makanan Pada Manusia.
o Hubungan Makanan Dan Kesehatan
E.     Media Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas V
F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
| Pertemuan ke-1 | |||||||
| 
  Apersepsi  dan Motivasi : o         Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang   diharapkan | (5 menit) | ||||||
| 
 &  sEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F     Siswa   dapat Memahami peta konsep tentang alat pencernaan pada manusia. F     Menjelaskan   tugas dari alat pencernaan F     Memahami   proses pencernaan makanan secara mekanis dan kimia F     Memahami   fungsi kerongkongan dan lambung F     Memehami   peristiwa yang terjadi dilambung saat pencernaan F     Melibatkan   peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F     memfasilitasi   peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. &  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F     membiasakan   peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu   yang bermakna; F     memfasilitasi   peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk   memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; F     memberi   kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak   tanpa rasa takut; F     memfasilitasi   peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun   tertulis, secara individual maupun kelompok; F     memfasilitasi   peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; F     Menyebutkan   enzim yang terdapat pada lambung. F     Menyebutkan   alat   pencernaan  
 F     Menyebutkan isi dari rongga mulut   dan fungsinya seperti 
 &  Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F     Guru bertanya jawab   tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  F     Guru bersama siswa   bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan   penguatan  dan penyimpulan | (50 menit) | ||||||
| 
 o         Mengulang proses pencernaan o         Makanan mengalami proses penghancuran oleh gigi, lidah dan air   liur. o         Makanan dilumatkan lagi dengan pertolongan bermacam-macam getah   lambung | (5 menit) | ||||||
| 
 o         – |  | ||||||
| Pertemuan ke-2 | |||||||
| 
  Apersepsi  dan Motivasi : o         Mengulang materi pertemuan sebelumnya o         Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang   diharapkan | (5 menit) | ||||||
| 
 &  sEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F     Siswa   dapat Memahami peta konsep tentang alat pencernaan pada manusia. F     Memahami   fungsi dari usus halus F     Mampu   menyebutkan enzim yang terdapat pada getah pankreas F     Memahami   fungsi dari usus besar F     Memahami istilah dari –       Gerak peristaltik –       Umbai cacing F     Melibatkan   peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F     memfasilitasi   peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. &  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F     Menyebutkan bagian dari usus   halus –       Usus dua belas jari  –       Usus kosong –       Usus penyerapan F     membiasakan   peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu   yang bermakna; F     memfasilitasi   peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk   memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; F     memberi   kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak   tanpa rasa takut; F     memfasilitasi   peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun   tertulis, secara individual maupun kelompok; F     memfasilitasi   peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; &  Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F     Guru bertanya jawab   tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  F     Guru bersama siswa   bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan   penguatan  dan penyimpulan | (50 menit) | ||||||
| 
 o         Mengulang proses pencernaan o Terjadi pencernaan   secara kimia dan penyerapan sari makanan di usu halus o Terjadi penyerapan air   di dalam usus besar | (5 menit) | ||||||
| 
 o         - |  | ||||||
| Pertemuan ke-3 | |||||||
| 
  Apersepsi  dan Motivasi : o         Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator   Pencapaian Kompetensi  o         Memahami peta konsep tentang alat pencernaan pada manusia. | (5 menit) | ||||||
| 
 &  dsEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F     Siswa   dapat Memahami   penyebab penyakit alat pencernaan pada manusia, seperti; 
 F     Memahami gejala penyakit alat   pencernaan pada manusia, seperti; 
 F     Mengetahui cara memelihara   kesehatan alat pencernaan 
 F     Melibatkan   peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F     memfasilitasi   peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. &  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F     Menyebutkan gangguan pada alat   pencernaan makanan yang berhubungan dengan makanan dan tata cara makanan F     membiasakan   peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu   yang bermakna; F     memfasilitasi   peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk   memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; F     memberi   kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak   tanpa rasa takut; F     memfasilitasi   peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun   tertulis, secara individual maupun kelompok; F     memfasilitasi   peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; &  Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F     Guru bertanya jawab   tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F     Guru bersama siswa   bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan   penguatan  dan penyimpulan | (50 menit) | ||||||
| 
 o         Mengulang penyakit yang menyerang manusia, seperti diare, mag,   radang usus, dan tifus | (5 menit) | ||||||
| 
 o         - |  | ||||||
| Pertemuan ke-4 | |||||||
| 
  Apersepsi  dan Motivasi : o         Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator   Pencapaian Kompetensi. o         Memahami peta konsep tentang makanan | (5 menit) | ||||||
| 
 &  dEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F     Siswa   dapat Memahami fungsi dari zat gizi F     Kandungan   zat gizi dalam makanan F     Memahami fungsi dari   karbohidrat –          Menghangatkan tubuh –          Menjadi sumber zat tenaga F     Memahami   fungsi dari lemak sebagai sumber tenaga dan cadangan makanan F     Memahami   fungsi dari protein sebagai zat pembangun sumber tenaga  F     Memahami   fungsi dari air untuk melarutkan zat makanan, melencar pencernaan dan   mengatur suhu tubuh. F     Memahami fungsi dari mineral   sebagi zat pembangun dan pengatur tubuhs F     Melibatkan   peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F     memfasilitasi   peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. &  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F     Menyebutkan   makanan yang banyak mengandung karbohidrat F     Menyebutkan   makanan yang banyak mengandung lemak nabati dan hewani.  F     Menyebutkan   makanan yang banyak mengandung protein nabati dan hewani F     membiasakan   peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu   yang bermakna; F     memfasilitasi   peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk   memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; F     memberi   kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak   tanpa rasa takut; F     memfasilitasi   peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun   tertulis, secara individual maupun kelompok; F     memfasilitasi   peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; &  Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F     Guru bertanya jawab   tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  F     Guru bersama siswa   bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan   penguatan  dan penyimpulan | (50 menit) | ||||||
| 
 o         Memberikan kesimpulan bahwa karbohidrat sebagai sumber tenaga,   lemak sebagai cadangan makanan, protein sebagi pembangun tubuh, air untuk   melarutkan makanan, mineral sebgai zat pembangun dan pengatur  tubuh. | (5 menit) | ||||||
| 
 o         - |  | ||||||
| Pertemuan ke-5 |  | ||||||
| 
  Apersepsi  dan Motivasi : o         Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator   Pencapaian Kompetensi. o         Memahami peta konsep tentang makanan | (5 menit) | ||||||
| 
 &  dEksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F     Siswa   dapat Memahami fungsi dari vitamin sebagai pengatur tubuh F     Memahami   menu makanan yang bergizi seimbang (empat sehat  §       Makanan pokok §       Lauk pauk §       Sayuran §       Buah-buahan §       Susu F     Memahami cara mengolah bahan   makanan dengan benar, seperti: §       Tidak membeli makanan yang terbuka. §       Jika membeli makanan yang tertutup perhatikan cara   pengolahannya. §       Sayurang yang dimakan mentah harus benar-benar dicuci bersih. §       Sayuran jangan dimasak terlala matang karena dapat merusak zat   gizi.s F     Melibatkan   peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan F     memfasilitasi   peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan. &  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F     Menyebutkan beberapa jenis   vitamin dan manfaatnya F     membiasakan   peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu   yang bermakna; F     memfasilitasi   peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk   memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; F     memberi   kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak   tanpa rasa takut; F     memfasilitasi   peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun   tertulis, secara individual maupun kelompok; F     memfasilitasi   peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok; &  Konfirmasi  Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F     Guru bertanya jawab   tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  F     Guru bersama siswa   bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan   penguatan  dan penyimpulan | (50 menit) | ||||||
| 
 o         Memberikan kesimpulan bahwa makanan yang bergizi seimbang   mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, air dan vitamin | (5 menit) | ||||||
| 
 o         Tugas 1.2 (hlm.27) |  | ||||||
G.    Penilaian:
| Indikator Pencapaian Kompetensi  | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal | 
| o      Mengidentifikasi alat pencernaan makanan pada manusia.  o      Mencari informasi tentang penyakit yang berhubungan dengan   pencernaan. o      Mempraktekkan kebiasaan hidup sehat untuk menjaga kesehatan alat   pencernaan. o      Mengidentifikasi makanan bergizi dan menyimpulkan bahwa makanan   yang bergizi dengan jumlah dan susunan menu seimbang menjadikan tubuh sehat. o      Mempraktekkan cara-cara mengolah bahan makanan dengan tetap   mempertahankan nilai gizinya. | Tugas Individu  | Uraian Objektif | o      Jelaskanlah alat pencernaan makanan pada manusia.  o      Jelaskanlah tentang penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. o      Praktekkan kebiasaan hidup sehat untuk menjaga kesehatan alat   pencernaan. o      Jelaskanlah makanan bergizi dan menyimpulkan bahwa makanan yang   bergizi dengan jumlah dan susunan menu seimbang menjadikan tubuh sehat. o      Praktekkan cara-cara mengolah bahan makanan dengan tetap   mempertahankan nilai gizinya. | 
FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
&      Produk ( hasil diskusi )
| No. | Aspek | Kriteria | Skor | 
| 1. | Konsep | *   semua benar *   sebagian besar benar *   sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 | 
&      Performansi 
| No. | Aspek | Kriteria | Skor | 
| 1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 | 
&       LEMBAR PENILAIAN
| No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
| Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
| 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |  |  |  |  |  |  |  | 
   CATATAN :
@      Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@    Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                              
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA
  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar